Referensi Data Pengelolaan Keuangan Daerah: "Kajian Fiskal Regional Adalah Khasanah Baru Akademik”

ismed, 03 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com: Bengkulu – Selasa (28/8), Sigit Sudjatmiko Wakil Rektor II Universitas Bengkulu dalam acara Diseminasi Kajian Fiskal Regional Triwulan II 2019 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu pada 28 Agustus 2019 di Aula Kantor Wilayah DJPb Provinsi Bengkulu, menilai bahwa Kajian Fiskal Regional adalah hal baru, khususnya bagi dirinya sendiri dan bagi dunia akademis. Selama ini akademisi hanya mempelajari ekonomi makro dan mikro serta manajemen secara teori saja, tetapi tidak pernah terlibat langsung dalam pengambilan kebijakan fiskal di Pemerintahan maupun eksekusinya di lapangan. Bagaimana kemudian data-data keuangan, kondisi ekonomi makro kemudian dijadikan dasar input dalam penyusunan APBN dan APBD sehingga menghasilkan rencana kerja pemerintah yang digunakan sebagai acuan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Data keuangan dan ekonomi yang disajikan oleh Kantor Wilayah DJPb Provinsi Bengkulu sangat menarik untuk dikaji dari sisi akademik. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan keinginannya untuk membawa Kajian Fiskal Regional ini dalam forum dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan akademik di Universitas Bengkulu, tentunya agar output dari lembaga akademik formal lebih sinkron dan sesuai dengan kondisi riil di lapangan khususnya Pemerintahan Umum. Dengan begitu, Kantor Wilayah DJPb Provinsi Bengkulu dapat menjadi pusat informasi terpercaya dalam menyediakan data-data terkait dengan keuangan negara dan keuangan daerah sehingga dapat dijadikan acuan bagi pemerintah daerah dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan keuangan negara dan pengelolaan daerah.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu